Rabu, 09 Oktober 2013

(Sharing) Tahapan Seleksi Perekrutan Pegawai Bank BJB (Bank Jabar Banten)

Tahapan Seleksi Calon Pegawai Bank BJB penempatan Jateng,Jatim,Bali.
(kota seleksi: Surabaya)
Dibawah ini akan sedikit saya gambarkan tahapan-tahapan seleksinya.

1. Seleksi Administrasi: berkas lamaran yang kamu kirimkan akan diseleksi,dan apabila lolos,kamu akan menerima kabarnya via telp untuk menghadiri tahapan selanjutnya.

2. Tes Psikologi Tertulis: Meliputi banyak sesi, dan berbagai soal. Mulai dari pengetahuan umum, soal cerita, kata-kata, tes koran (pauli-kraepelin test), hitung-hitung'an, dan masih banyaaaaaaaaak lagi sesi tes psikologi yang diberikan.

3. Tes Bahasa Inggris dan Psikologi bergambar: Setelah tahap 2, akan diumumkan yang akan lolos ke tahap ini. Mengerjakan sekitar 100 soal bahasa inggris dan kemudian tes psikologi menggambar orang yang sedang beraktivitas, menggambar pohon, dan tes wartegg.

4. FGD (Focus Group Discussion): Apabila tahap 3 lolos kembali, kalian akan bertemu tahap FGD atau diskusi kelompok. setiap kelompok terdiri 4-6 orang, membahas 1 pokok permasalahan . Dalam tahap ini, akan ada Assessor yang akan mengawasi kita dan menilai setiap gerak gerik kita,kata-kata kita,dan menilai bagaimana cara kita berdiskusi dengan orang lain. Assessor itu sangat 'out of the box' dari diskusi kita. Beliau hanya memberikan tema dan waktu, kemudian menyerahkan segala sesuatunya pada kelompok kita.

5. Tes Kesehatan: Apabila kalian lolos tahap FGD, kalian akan mendapatkan pemberitahuan untuk menghadiri tes selanjutnya yaitu tes kesehatan. Tes ini dilakukan di klinik. Untuk Surabaya, biasanya bertempat di Pramita Lab. Tes kesehatan meliputi tes rontgen paru paru, tes jantung, tes fisik, tes darah,dan tes urine.

6. Interview User: Setelah dinyatakan lolos tes kesehatan, kalian akan melalui Interview User. Interview ini dilakukan di Bank BJB KC Surabaya, Jl.Raya Darmo,Sby. Mengenai pertanyaan,relatif,tergantung kebijakan interviewer. Tapi untuk tahap ini biasanya yang selalu ada adalah mengenai gaji dan kota penempatan.

7. Verifikasi Data: THE LAST ONE. Pemberkasan surat-surat/data-data berkaitan dengan kontrak kerja dengan perusahaan :)


untuk lebih jelasnya, kalo mau tanya2,silahkan komentar di bawah :)
Semoga Bermanfaat :)


22 komentar:

  1. btw pengumuman lolos FGDnya tu biasane brapa lama y kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. vendornya apa?relatif. aku dulu dari PPM sekitar hampir 1 bulan..

      Hapus
    2. ouw sama, aku juga PPM...
      klo vendor PPM tu sistemnya kontrak berapa tahun?

      Hapus
    3. 6 bulan kontrak outsource dibawah vendor,setelah itu kontrak lgsung dibawah BJB 1 tahun sebagai calon pegawai,setelah itu baru jadi pegawai tetap..

      Hapus
  2. biasanya pengumuman setelah tes kesehatan itu berapa lama sih? alnya aq udah tes kesehatan, tapi selama seminggu ini belum dapat kabar kejelasan'y. Ga ada pengumuman'y juga lulus atau ga'y. jadi bingung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waktu itu aku almost 2 months >.< yang sabar aja,dan terus do'a :)

      Hapus
  3. teteh maaf mau tanya nih aku kan udah interview user bank BJB tanggal 9 oktober 2013 ya tapi sampe skrg kok blm ada panggilan lagi ya teh? apa aku ngga lolos? atau bank bjb belum membutuhkan? terima kasih :)

    BalasHapus
  4. Mau tanya dong, stelah interview user, wktu pemanggilannya lagi berapa lama ya ? Soalnya saya uda interview user, tp sampe skrg blum ada panggilan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba maap mau tanya pertanyaan interview user biasanya kaya gimana..

      Hapus
    2. Mba maap mau tanya pertanyaan interview user biasanya kaya gimana..

      Hapus
    3. Mba maap mau tanya pertanyaan interview user biasanya kaya gimana..

      Hapus
  5. untuk mbak Dian Kurnia Riyadi, Kamu waktu interview user tanggal brp ya kalo boleh tau? soalnya saya juga sudah interview user dan blm ada kabar lagi :)

    BalasHapus
  6. @emi setyo priharsiwi : interview kemaren maret tgl 17 mba, sampe skrg blum ada kabar lagi, sempet telfon ke bjb pusat, katanya disuruh tunggu sama bagian operatornya, soalnya nomer ekstension bagian sdm saya gak tau, ini uda nunggu 3 minggu, katanya memang lama gitu yaa ?
    mba uda nunggu berapa minggu? Ikut rekrutmen daerah mana?

    BalasHapus
  7. @Dian Kurnia Riyadi aku malah sudah lama dari akhir tahun 2013 mba hehe. aku daerah jakarta. memang kita itu sudah pasti diterima atau tidak ya?

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Jarak dari wawancara terakhir sampe offering kontrak mang gak bisa diprediksi
    saya juga nunggu sampe 2bln
    sabar aja ya

    BalasHapus
  10. Saya juga sudah lolos sampai tahap interview user. Tp sampai saat ini blm ada panggilan sebagian dri teman sya yg interview user sdh ada yg di panggil utk verifikasi dta di bandung. Dri 53 capeg hanya 10 yg diverifikasi (4fl dan 6js) kira2 ada gelombang pemanggilan verifikasi ke 2 ga ya?

    BalasHapus
  11. mau nanya tesnya berpa lama ya? sehari atau beberapa hari?

    BalasHapus
  12. Ya ampun ternyata lama ya nunggu hasil interview user ke offering contract.. terimakasih informasinya..

    BalasHapus